Perbedaan Antara RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2006 dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013

Berikut adalah beberapa perbedaan antara RPP kurikulum 2006 dan RPP kurikulum 2013

  1. Pada identitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Kurikulum 2013 sudah tidak memasukkan lagi standar kompetensi (SK) seperti yang ada pada  kurikulum 2006.
  2. Adanya tambahan item tema dan subtema pada identitas RPP.
  3. Pada Kurikulum 2006, kompetensi dasar (KD) dan indicator berdiri sendiri. Sedangkan pada kurikulum 2013, KD digabung dengan indicator.
  4. KD, indicator, dan tujuan pembelajaran dimodifikasi dala kurikulum baru sehingga ketiganya juga terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter.
  5. Dalam hal langkah-langkah pembelajaran pun juga terjadi modifikasi dalam kurikulum 2013. Kegiatan awal, inti, dan akhir semuanya dimasukkan elemen-elemen karakter. Khusus pada kegiatan ini, dalam kurikulum 2006 terbagi atas tiga tahap, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Sedangkan pada kurikulum baru terbagi menjadi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring yang bermula dari pedekatan saintifik (ilmiah) dan kontekstual sebagai sarana untuk memeroleh kemampuan kreatifitas siswa.
  6. Pada lembar penilaian. Kurikulum 2013 mencantumkan khusus item lembar pengamatan sikap pada bentuk instrumennya dan juga pengamtan sikap sebagai bentuknya tidak seperti kurikulum lama yang mencampurnya dalam penilaian proses dan hasil. Ini adalah realisasi kurikulum baru yang menekankan pendidikan akhlak (karakter) sehingga teknik penilaian dan bentuk instrumen mengalami modifikasi sehingga dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter
  7. Dll.

Sumber:

Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

File:

RPP SMP BINA

MODEL 2 RPP BHS INDO KELAS VII SMP (Kurikulum 2013)

Informasi Kurikulum 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s